Jumat, 31 Mei 2013

Tuscany, Italia

Paket Wisata Anggur, Makanan, dan Alam yang muncul dari sebuah gerakan bersama 

Kali ini Ngintip jalan-jalan ke Tuscany untuk mencoba melihat bagaimana kira-kira cita-cita Adonara yang mandiri, otonom dan berbudaya kalau di praktekkan dengan berkaca pada Tuscany.

Tuscany atau yang dalam bahasa Italia dikenal dengan nama Toscana; kesuksesan mereka dalam mengelola paket wisata patut di intip dan jadi inspirasi buat Adonara. Bukan cuma kelebihan dan keunggulan wilayahnya saja yang bisa mereka promosikan dengan baik. Bahkan menara yang sejatinya digunakan sebagai menara lonceng gereja Katedral yang lama-kelamaan miring dengan sendirinya tanpa sengaja juga dapat dikelola menjadi situs wisata dan terkenal dengan sebutan menara Pisa. 

Dalam beberapa hal; Tuscany tak berbeda jauh dengan Adonara, mereka punya wine, Adonara punya tuak dan arak. Kalau Tuscany terkenal dengan makanan laut khas Italianya, Adonara punya makanan tradisional; watak kenae, beloma dan masih banyak lagi makanan tradisional yang unik. Kalau Tuscany punya alam yang indah, kemegahan alam Adonara juga tak di ragukan lagi. Lalu, dimana letak bedanya? Kalau toh Tuscany punya orang-orang yang bisa memanajemeni segala kekayaannya dengan baik, Adonara, kami yakin juga punya orang-orang seperti itu, terlebih anak mudanya, hanya masalah persiapan dan waktu yang tepat untuk bergerak bersama. 

Makanan 
Makanan asal Tuscan, begitulah daerah ini akrab disebut, dinilai penuh cita rasa dan terbuat dari bahan-bahan alami. Berwisata sambil belajar masak-memasak sepertinya sudah menjadi tradisi bagi orang-orang yang datang ke Tuscan. Daerah perdesaan merupakan salah satu tempat terbaik untuk menemukan resep tradisional Italia. Di beberapa tempat penginapan, pengelola menyediakan fasilitas bagi mereka yang ingin memiliki kemampuan memasak dan meramu makanan Italia. Para koki ahli bersedia memberikan instruksi dan tutorial. 

Wine- Anggur 
Tuscany adalah surga bagi para penikmat wine (anggur). Rumah produksi dari beberapa anggur yang paling dikenal dan konsisten di dunia berada di Tuscany.
Berbagai jenis anggur yang diproduksi di Tuscany menghasilkan wine Chianti Classico, seperti Brunello, Carmignano, dan campuran merah yang dikenal sebagai Super Tuscans. Chianti adalah minuman anggur merah terkenal asal Tuscany. Anggur Chianti mudah dikenali dari kemasan botol yang disebut fiasco, yakni botol pendek yang dibungkus keranjang anyaman.  Untuk wisata wine ini, Tuscany bahkan menyediakan rute wisata anggur dimana para pengunjung dapat melihat sendiri perkebunan anggur, berpartisipasi dalam mencoba wine nya dan bahkan mengunjungi museum lokal yang menyediakan semua informasi mengenai wine tradisional.
 

Alam 
Tuscany menawarkan beberapa pantai yang terbaik di dunia. Wilayah pesisir seluruh Tuscany tidak hanya menakjubkan, tetapi setiap pantai diurus dengan baik, bersih dan dipelihara karenanya kualitas air disetiap pantai pun yang sangat jernih. Untuk kebersihan nya ini, Tsucany bahkan mendapatkan penghargaan pantai dengan air yang sangat bersih dari Yayasan Lingkungan Hidup  bernama FEE. 

Gerakan Bersama 
Menjadi Tuscany yang termasyur seperti saat ini bukan persoalan gampang. Di beberapa tempat seperti misalnya Costa Degli Etruschi, gerakan ini dimulai oleh beberapa petani anggur. Lama-kelamaan kelompok ini berkembang pesat; memutuskan fokus produksi lokal mereka, menghubungi pemerintah serta dinas terkait termasuk dinas perdagangan dan pariwisata, bekerja sama dengana pihak-pihak luar, mempromosikan produk mereka dan membuat kesepakatan antar penduduk; adalah bagian dari proses yang membuat wisata anggur di daerah ini menjadi terkenal. Rute wisata anggur bahkan menjadi sumber pendapatan utama daerah yang juga meningkatan pendapatan dari sektor lain seperti wisata makanan, alam, budaya dan sejarah.

Dua kata yang menjadi kunci sukses gerakan bersama masyarakat Tuscany, menurut Brunori dan Rossi (Brunori and Rossi,2000) adalah sinergi dan koheren. Sinergi menyangkut keterkaitan antar beberapa elemen, sementara koheren adalah kualitas dari masing-masing elemen yang membangun gerakan bersama tersebut, termasuk didalamnya, kualitas dari lingkungan, relasi sosial, dan system simbol yang ada. Jika masing-masing elemen memiliki kualitas yang bagus, maka sinergisitas yang terbentuk akan menjadi lebih baik.

Sumber:
Synergi and Coherence through Collective Action: Some Insights from Wine Routes in Tuscany by Gianluca Brunori and Adanella Rossi
Posting Komentar